Categories
Uncategorized

Cara Memilih Genset Mini yang Tepat

Tidak ada yang suka dengan keadaan tidak ada listrik apalagi untuk seseorang yang setiap harinya selalu membutuhkan listrik untuk kegiatan ataupun pekerjaan yang dilakukan. Oleh karena itulah keadaan pemadaman listrik mendadak oleh PLN selalu membuat sedih dan merugi bagi banyak orang. Oleh karena itulah agar tidak lagi merugi ketika PLN memadamkan listrik, Anda bisa mempergunakan genset. Genset ini menjadi pemasok listrik yang tepat dan praktis ketika terjadi pemadaman. Dalam pemilihan genset, model genset mini terbaru menjadi salah satu yang paling banyak dipergunakan. Pasalnya genset ini harganya terjangkau, praktis, hemat daya, memberikan listrik berkualitas dan juga praktis. Anda yang hendak memilih genset berukuran mini atau yang disebut dengan genset portable ini silahkan menyimak cara pemilihannya yang tepat agar tidak salah pilih yang membawa rugi nantinya.

Adapun beragam cara memilih genset berukuran mini yang tepat yang tak boleh dilewatkan atau diabaikan adalah sebagai berikut:

  1. Memilih Genset yang Mampu Memenuhi Kebutuhan Listrik

Pertama, Anda harus mampu memilih genset berukuran mini yang mampu memenuhi kebutuhan listrik yang dipunyai. Dalam hal ini, Anda perlu untuk menghitung kebutuhan dari listrik yang Anda punyai terlebih dahulu. Total semua daya yang dibutuhkan benda yang ada di rumah yang perlu listrik seperti televise, kipas angin, lemari es dan lain-lain. Begitu Anda sudah dapatkan jumlah totalnya, silahkan pilih genset berukuran mini yang punya daya 10% lebih besar dari kebiutuhan listrik tersebut.

  1. Pilih Tipe Genset Sesuai Kebutuhan dan Keinginan

Ada dua tipe genset mini yang bisa Anda pilih yakni tipe yang open dan yang tertutup. Tipe open ini akan menghasilkan suara yang keras ketika anda pergunakan, sementara tipe tertutup akan terdapat box canopy yang membuat suara genset ketika dipergunakan tidak akan menganggu telinga. Tipe tertutup ini sendiri sering disebut sebagai tipe silent dan punya harga yang lebih mahal dibandingkan tipe open. Oleh karena itulah ketika Anda ingin meletakan genset di tempat yang jauh dari pemukiman, populasi atau terpencil seperti gudang, memilih genset berukuran mini tipe terbuka adalah pilihan yang tepat. Sementara itu, bagi Anda yang ingin menempatkan genset didalam ruang yang ada banyak orang dan dekat dengan pemukiman, maka sebaiknya pilih yang tipe tertutup agar tidak menganggu diri sendiri ataupun orang lain disekitar genset berukuran mini yang ada.

  1. Pilih Genset yang Bahan Bakarnya Gas atau Bensin

Tentu saja genset bisa diperasikan apabila mempunya bahan bakar. Umumnya genset berukuran mini ini bahan bakarnya  ada yang gas, bensi atau solar. Sebaiknya Anda menghindari genset yang bahan bakarnya dari solar karena faktanya saat ini solar semakin sulit untuk masyarakat dapatkan. LEbih baik pilih saja genset mini yang bahan bakarnya gas atau bensin. Jangan sampai karena kusulitan memdapatkan bahan bakar, genset tidak termanfaatkan dengan baik.

  1. Memilih Genset yang Punya Harga Masuk Akal

Anda harus melihat harga dari genset berukuran mini ini ketika hendak memilihnya. Jangan sampai karena harga yang murah, Anda langsung memilihnya tanpa lebih jauh melihat kualitas genset tersebut. Selain itu perlu diketahui pula bahwa harga mahal dari genset berukuran mini ini pasti akan menjamin kualitas. Untuk itulah silahkan pilih genset yang punya harga masuk akal yang sesuai dengan spesifikasi yang ada didalamnya. Anda bisa mencari di internet ataupun bertanya ke penjual langsung agar bisa menilai masuk akal atau tidaknya harga yang ditawarkan tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *